14 Juni 2022

Pengertian dan Pembagian Seni Rupa

Seni menurut Ki. Hadjar Dewantara (1977), seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dan bersifat indah, menyenangkan dan dapat menggerakan jiwa manusia. 

Seni rupa merupakan ungkapan gagasan dan perasaan manusia yang diwujudkan melalui pengolahan media dan penataan elemen serta prinsip-prinsip seni. 

 

Berdasarkan dimensinya, karya seni rupa dibagi dua:

1. Karya seni rupa dua dimensi 

Karya seni dua dimensi mempunyaiukuran panjang dan lebar.

2. Karya seni rupa tiga dimensi 

Karya tiga dimensi mempunyai ukuran panjang, lebar, dan ruang/volume. Dengan kata lain, karya seni rupa tiga dimensi memiliki ruang. 


Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa dibagi dua: 

1. Seni murni (fine art)

Bagian kelompok karya seni rupa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan spiritual, artinya bahwa seni itu lahir karena proses kreatif dan pengalaman batin seniman yang di landasi oleh nilai estetis yang akan dihargai dengan apresiasi kesenian baik oleh seniman dan penikmat seni dan kemudian akan diberi nilai dengan sejumlah harga (Kartika, 2004:34). 

Seni tersebut bukan lagi merupakan kebutuhan praktis bagi masyarakat, tetapi hanya mengejar nilai untuk kepentingan estetika seni yang dimanfaatkan dalam lingkungan seni

Contoh: karya seni lukis dan seni patung konvensional (Soedarso Sp, 1990:21) 

2. Seni terapan (apllied art) 

Bagian kelompok karya seni rupa yang bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan praktis atau memenuhi kebutuhan sehari-hari berdasarkan keadaan pasar dan nilai estetis, karya seni ini merupakan produk benda pakai masyarakat banyak (mass product). 

Dalam berproses kreatif, selalu memperhitungkan pemilihan bahan, proses pengerjaan yang berkolaborasi dengan tukang atau perajin, hingga sampai proses rekayasa kebutuhan pasar atau mempertimbangkan tren pasar. 

Ciri khas karya seni rupa ini adalah aspek komersial yang akan menjadi landasan bagi pengembangan ekonomi kreatif (Kartika, 2004:35). 


Semua karya yang yang digambar di atas permukaan datar, seperti kanvas, kertas, plastik dan papan kayu (karya yang mempunyai ukuran panjang dan lebar) merupakan karya seni rupa dua dimensi. 

Contoh karya seni rupa 2 dimensi:

1. Gambar.

2. Lukisan.

3. Seni Grafis, dibuat melalui cetakan, seperti cetakan kayu, stempel atau sablon

4. Desain Komunikasi Visual: brosur, banner, dll.

Share: 

0 comments:

Posting Komentar